kemdikbud.go.id |
Pengembangan Kurikulum yang Berbasis Konteks Lokal: Salah satu aksi nyata dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah pengembangan kurikulum yang berbasis konteks lokal. Sekolah memiliki kebebasan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik masyarakat di sekitarnya, serta mengintegrasikan elemen-elemen lokal ke dalam kurikulum. Ini memungkinkan siswa untuk belajar secara lebih terhubung dengan lingkungan sekitar mereka.
Pemberian Kebebasan pada Guru dalam Proses Pembelajaran: Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan metode dan pendekatan yang kreatif dalam proses pembelajaran. Guru memiliki fleksibilitas untuk menggunakan berbagai sumber belajar, teknologi, dan strategi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan demikian, setiap guru dapat mengaktualisasikan keahlian dan kekreativitasan mereka dalam mendukung pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Peningkatan Keterlibatan Peserta Didik: Dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik menjadi subjek aktif dalam proses pembelajaran. Mereka didorong untuk mengambil peran yang lebih aktif, berpartisipasi dalam diskusi, kolaborasi, serta pengambilan keputusan terkait pembelajaran. Hal ini membantu mengembangkan keterampilan sosial, pemecahan masalah, dan kreativitas peserta didik.
Pengembangan Keterampilan Abad 21: Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21, seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan literasi digital. Sekolah dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan ini melalui proyek, penelitian, pemecahan masalah nyata, serta penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Meskipun Kurikulum Merdeka menawarkan potensi yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi dalam implementasinya. Beberapa tantangan tersebut meliputi kebutuhan sumber daya yang memadai, pelatihan guru yang memadai, serta koordinasi antara sekolah dan pemerintah dalam pemantauan dan evaluasi.
AKSI NYATA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI UPTD SMPN 1 KEC. LUAK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar